Perluasan Jaringan Gas Bumi PGN Capai 28.500 Pelanggan di Surabaya-Gersik



sumber:Internet


Peningkatan Pelanggan Gas Bumi PGN tidak terbatas hanya 4.500 kepala rumah tangga, ternyata jumlah tersebut belum termasuk program yang dilakukan oleh pemerintah sebanyak 24.000 kepala keluarga untuk tahun ini. Total pembangunan pipa gas tersebut menjadi 28.500 Kepala Keluarga untuk wilayah Surabaya-Gersik. Untuk saat ini jumlah pengguna gas PGN di wilayah tersebut telah mencapai 14.838 rumah tangga, dengan demikian pembangunan yang akan dilakukan akan melebihi jumlah yang ada sekarang.

Program pemanjangan pipa energi baik Gas Bumi PGN ini menurut Sales Area Head PGN Surabaya-Gresik Misbachur Munir dilakukan melalui 2 program yaitu program Sayang Ibu dan Jargas. Program Sayang Ibu merupakan program dari PGN, Sedangkan program Jargas merupakan penugasan dari pemerintah kepada PGN untuk menambah 24 ribu pelanggan rumah tangga.

Sebagai mana dilansir dari Liputan6.com Misbachur menjelaskan bahwa untuk program Jargas, PGN juga mendapatkan dukungan dari pemerintah kota (pemkot) Surabaya. Sebab, pemkotnya ini agar semua rumah tangga di sepanjang jaring pipa gas PGN mendapatkan pasokan gas bumi dari perusahaan plat merah tersebut.

Pada tahap awal, bulan Mei lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meresmikan pengoperasian 2.900 sambungan gas bumi rumah tangga bagi masyarakat di Surabaya Jawa Timur. Fasilitas ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menikmati energi murah.

Sebanyak 2.900 jaringan gas rumah tangga tersebut dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sudirman Said juga menjelaskan, tidak hanya di Surabaya, pemerintah juga memberikan kepercayaan kepada PGN untuk mengelola dan mengoperasikan jaringan gas rumah tangga yang dibangun pemerintah di 10 kota lain. Lokasinya antara lain, Rumah Susun di Jabodetabek, Bogor, Cirebon, Palembang, Depok, Tarakan, Bekasi, Blora, Semarang hingga Sorong Papua.

Pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga merupakan pemanfaatan energi alternatif yang sangat potensial karena penggunaannya lebih efektif dan efisien. Sesuai dengan target bauran energi nasional pada 2025, pemerintah akan menurunkan penggunaan minyak bumi dan meningkatkan penggunaan gas bumi.




Tulisan ini disumbangkan untuk menjadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Inspirasi Mengembangkan Ekonomi Baru Di Era Digital