Gas Bumi PGN Perluas Jaringan Gas Ke Tangerang

Sumber:Internet


Perluasan jaringan yang dilakukan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kini telah menyentuh daerah Tangerang, Banten. Melalui pembangunan fasilitas jaringan distribusi gas ini banyak masyarakat yang menikmati manfaat gas bumi sebagai energi baik yang ramah lingkungan, aman dengan harga terjangkau.

Proyek pipa gas rumah tangga yang sudah lama diresmikan di Perumnas II Karawaci, Kelurahan Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang mulai banyak dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar (lih. sindonws.com) Selain itu dalam peresmian tersebut pemerintah DPRD Kabupaten Tangerang ikut hadir sebagai bentuk aspirasinya menyambut kedatangan energi baik gas bumi ini ada di wilayahnya.

Peresmian yang ditandai dengan pembukaan kran (valve) aliran gas dan pemantikan api di kompor salah satu warga ini pun dihadiri Direktur PGN Hendi Kusnadi dan menjelaskan bahwa pembangunan pipa distribusi gas rumah tangga di Tangerang ini merupakan bagian dari Gerakan PGN Sayang Ibu. Melalui gerakan ini PGN menargetkan pembangunan jaringan pipa rumah tangga hingga satu juta satuan sambungan.

Menurutnya, PGN Area Tangerang sudah mengoperasikan pipa sepanjang 75,8 kilometer yang ditujukan untuk melayani pelanggan rumah tangga dan komersial. Ia juga menjelaskan bahwa peningkatan pelayanan serta pengembangan jaringan distribusi gas ini merupakan bagian dari upaya PGN dalam mendukung program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Gas Bumi.

Untuk tahun ini, PGN menganggarkan dana USD200 juta atau sekitar Rp2,4 triliun untuk pembangunan jaringan pipa gas baru di berbagai wilayah Indonesia. Melalui pembangunan jaringan baru ini diharapkan akan lebih banyak rumah tangga yang menikmati gas bumi yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan aman.

Selain untuk rumah tangga, industri dan komersial, PGN juga membangun infrastruktur gas untuk transportasi. Tahun ini, PGN akan membangun 16 SPBG dan MRU di Jakarta, Surabaya dan Sukabumi. 

Di samping itu, Ketua DPRD Tangerang, Amran Arifin menyambut baik komitmen PGN untuk terus mengembangkan jaringan pipa gas bumi, khususnya di wilayah Tangerang yang belum teraliri gas bumi PGN. Menurutnya, adanya gas bumi ini bisa jadi solusi untuk warga yang selama ini banyak mengeluhkan mahalnya harga elpiji.

Dia mengatakan, jika memakai gas bumi PGN, warga rata-rata hanya mengeluarkan uang langganan sebesar Rp40.000. Bandingkan dengan memakai gas elpiji yang per tabung nya (ukuran 12 kilogram) harganya lebih dari Rp100.000.

Di kawasan Tangerang, beberapa perumahan sudah mendapatkan aliran gas dari PGN. Misalnya Perumnas Karawaci, Perumahan Cimone, Perumahan Harapan Kita, Perumahan Palem Semi dan beberapa perumahan lainnya sejak 1999. Saat ini, di kawasan Tangerang sudah ada sekitar 5.520 rumah tangga dan komersial yang menikmati gas bumi dari PGN, dan direncanakan terus bertambah.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel di situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Inspirasi Mengembangkan Ekonomi Baru Di Era Digital