Header Ads

Berikut Keuntungan Gunakan Gas Bumi PGN, Hemat 50% Belanja Bulanan

Sumber:Internet

Bentuk nyata keseriusan Gas Bumi PGN dalam memperluas jaringan gasnya di masyarakat kali ini diwujudkan dalam bentuk sosialisasi. Pada bulan Oktober lalu, Tim PGN mengadakan sosialisasi dengan tema “Paparan Publik Informasi Berlangganan Gas Pelanggan Jargas ESDM 2017, Energi Baik Gas Bumi, Wujud PGN Sayang Ibu” di kantor Kelurahan Sukamenanti Baru, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung, Sabtu (1/10/2016) malam.

Sebagaimana dilansir dari Tribunnews.com sosialisasi energi baik gas bumi yang dilakukan di sana sangat antusias diikuti oleh warga. Bahkan meskipun cuaca tidak mendukung dengan guyuran hujan yang deras ternyata tidak menghalangi puluhan warga untuk hadir ke kantor tersebut. tak tanggung-tanggung yang hadir pun mulai dari ibu-ibu dan bapak-bapak ikut dalam sosialisasi yang diadakan PGN.

Dalam sosialisasi ini, Acara dimulai dengan pemutaran video mengenai perbedaan memakai gas elpiji dan gas bumi. Dalam video dijelaskan tidak perlu membeli gas ke luar rumah saat gas habis. Selain itu, gas bumi lebih hemat karena harganya 50 persen lebih murah dari gas elpiji. Ditambah lagi, gas bumi praktis dan ramah lingkungan.

Kemudian tim PGN, Findra Agustian menjelaskan bahwa meski gas bumi dan gas elpiji, sama-sama gas, namun  gas bumi sifatnya bergerak ke atas, sebab beratnya lebih kecil dari udara. Sehingga saat terjadi kebocoran, gas akan keluar bersama udara. Sehingga lebih aman dan risiko kebakarannya sangat minim.

Selain itu, Findra pun memaparkan bahwa gas bumi langsung mengalir dari pusatnya ke rumah warga, sehingga warga tidak perlu takut kehabisan gas dan tidak perlu repot nenteng tabung gas. Menurutnya, sistem gas bumi sama dengan air pam, warga tidak perlu cari, selama instalasi terpasang, warga bisa terus dapatkan dan pakai gas bumi. Sama seperti air, warga juga bisa pakai dulu, baru bayar.

Kemudian keuntungan lain yang bisa didapatkan yaitu harga gas bumi yang jauh lebih murah dibanding gas elpiji. Perbandingannya, jika warga memakai gas elpiji 3 kg 4 tabung habis Rp 80 ribu, maka gas bumi dengan pemakaian sama hanya bayar Rp 33.400. Begitu juga jika warga memakai gas elpiji ukuran 12 kg, jika harus bayar Rp 120 ribu, maka dengan gas bumi cukup bayar Rp 57.600.

Dalam sosialisasi tersebut juga Tim PGN memberitahukan bahwa akan ada pemasangan 12 ribu sambungan gas bumi diberikan secara gratis kepada masyarakat menengah ke bawah. Program pemasangan instalasi gratis ini merupakan program Pemerintah Kota Bandar Lampung.


Mengenai keamanan pemakaian gas bumi, PGN kembali memutar video. Dalam video dijelaskan, jika warga mencium bau gas, atau meteran berputar sendiri padahal gas tidak dipakai, warga cukup melakukan penutupan keran pipa saluran gas bumi di bagian luar dan dalam, buka jendela, jangan nyalakan api, turunkan listrik, dan hubungai pihak PGN.


Tulisan ini disumbangkan untuk menjadi artikel situs Si-Nergi

No comments