Gas Bumi PGN Perluas Jangkauan


Jaringan Gas Bumi PGN semakin memperluas pipa gasnya di seluruh wilayah di Indonesia. Daerah yang sudah ada diantaranya Jawa Barat dan Jawa Timur, Batam, Medan dan daerah lainnya. Bahkan pada selang waktu Januari-April 2016 ini Gas Bumi PGN telah menambah pipanya sepanjang 109 kilometer (km), penambahan tersebut menambah total pipa gas PGN menjadi 7.100 km.

Penambahan pipa gas ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pemanfaatan energi baik gas bumi di Indonesia, hal tersebut disampaikan Direktur PGN Dilo Seno Widagdo yang dikutip dari economy.okezone.com. Beberapa proyek pipa Gas Bumi PGN yang telah diselesaikan yaitu di Pasuruan, Jawa Timur, yang dibangun sepanjang 15 km dari Kejayan sampai Purwosari, Mojokerto dan Jombang sepanjang 27 km, dan wilayah Kalisongo-Waru, Jawa Timur sepanjang 30 Km.

Selain wilayah Jawa Timur, PGN juga membangun pipanya di daerah lain, seperti Cirebon, Bekasi, Bojonegara, Purwakarta, Subang, Medan, hingga Pekanbaru. Sampai saat ini Gas Bumi PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Jumlah 7.100 km pipa gas tersebut hanyalah 76 % dari jumlah pipa nasional. Dengan keberadaan pipa gas ini dapat membantu perekonomian warga sekitar, terutama di bidang penyaji makanan. Selain itu, ibu rumah tangga tidak harus repot-repot mencari persediaan gas yang habis.
Bahkan dengan adanya pipa gas ini PGN telah menghemat belanja nasional mencapai Rp88,03 triliun pertahunnya. Sungguh bukan uang yang sedikit, bayangkan aja uang sebanyak itu bisa dialokasikan untuk kesehatan, pendidikan, apalagi memperbaiki jalan yang mulai pada rusak.

Selain hemat, energi baik gas bumi ini merupakan energi yang ramah lingkungan. Selain itu, pelanggan juga lebih mudah membayar uang tagihan dengan berbagai cara, bisa melalui ATM ataupun melalui teller di bank. Energi baik ini cukup menghemat uang belanja 60% dibanding gas LPG.

Yang paling penting dengan adanya pipa gas ini ibu-ibu gak usah nenteng tabung gas lagi kemana-mana kalau kehabisan gas. Tahu sendiri lah berat tabung gas kaya gimana, meski ada kendaraan ya lumayan ribet juga kalau ternyata persediaannya habis.




Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber :
http://economy.okezone.com/read/2016/06/25/320/1425052/kuartal-i-pgn-tambah-jaringan-gas-bumi-sepanjang-109-km

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Dari Kisah Sukses Para Pengusaha

Singo Barong Syarat Cinta Dewi Sekar Taji

Leak Survey, Jamin Kemanan Gas Bumi PGN